KeMANGI dan KeSEMaT Bangun Kampung Batik Mangove Semarang

Share

Semarang – Batik Bakau. KBMS singkatan dari Kampung Batik Mangrove Semarang. KBMS mulai diinisiasi KeSEMaT di awal tahun 2012, bekerjasama dengan PT. Indonesia Power Jakarta, CV. KeMANGI dan Zie Batik Semarang, dengan lokasi implementasi di Mangkang Wetan, Semarang.

Mangkang Wetan sengaja dipilih menjadi area percontohan, sehubungan dengan ketersediaan sumber daya alam dan semangat dari warga pesisirnya dalam rangka menyelamatkan pesisir di Semarang sekaligus berupaya untuk meningkatkan taraf penghidupan dan mata pencaharian mereka.

Program pelatihan dan sosialisasi teknik pembuatan batik mangrove sudah berhasil dilakukan di awal tahun 2012 sampai dengan satu tahun ke depan yang semoga saja bisa membantu warga Mangkang Wetan agar lebih bisa sejahtera dan hidup berdampingan dengan mangrove di pesisir Semarang.

Beberapa kali, Batik Bakau sudah mulai melakukan pameran ke berbagai acara lingkungan tak hanya di Semarang, tapi juga luar kota, seperti Jakarta untuk mempromosikan pemanfaatan mangrove sebagai bahan baku pembuatan batik.

Kedepan, akan terus ditingkatkan pola kemitraan dengan berbagai instansi dan organisasi, agar penyebarluasan Batik Bakau bisa lebih optimal, demi mengkampanyekan penyelamatan ekosistem mangrove di masa mendatang. (CAK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *